Powered By Blogger
Pkl at Jakarta Slideshow: Nidar’s trip from Benteng, Selayar Island, Indonesia to Jakarta was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Senin, 30 Mei 2011

Harapan Hidup Orang Kidal Lebih Pendek daripada Orang Normal!!!

Resiko Orang Bertangan Kidal

" Beberapa temuan terakhir menyebutkan bahwa orang-orang yang bertangan kidal sering dikaitkan dengan umur yang pendek. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa 13% dari populasi yang berumur 20 tahun bertangan kidal, dan hanya 5 persen dari mereka yang sampai berumur 50 tahun. Dan hampir tidak ada yang sampai berumur 80 tahun ke atas. Kecilnya jumlah orang yang bertangan kidal ini mencerminkan tingginya resiko lingkungan dan biologis mereka. "
Untuk meneliti lebih jauh tentang kelainan ini, D.F Halpem dan S. Coren merujuk pada catatan yang tertera pada ensiklopedia pemain Bisbol. Di dalamnya termuat data-data yang menerangkan hubungan pemain kidal dengan lama waktu hidup mereka. Disebutkan bahwa pemain yang memakai tangan kanan memiliki harapan hidup 2 % lebih besar dari pemain bertangan kidal.
Beberapa kemungkinan mengenai penyebab hal ini diterangkan sebagai berikut:
1. Kemungkinan tekanan mental saat melahirkan lebih besar bagi wanita yang bertangan kidal.
2. Sistem kekebalan tubuh orang yang bertangan kidal lebih buruk karena adanya pengaruh genetika dan hormon intra-uterine nya.
3. Orang bertangan kidal lebih sering mengalami kecelakaan di lingkungan orang yang memakai tangan kanan.
Sumber: (Halpern, Diane F., and Coren, Stanley; "Do Right-Handers Live Longer?" Nature, 333:213, 1988.)

Dech,,, menakutkanx jadi orang kidal (saya juga termasuk orang  kidal sih!!!) eiiiiittsss don't worry ambil positifx ajach,,, banyak kok untungx jadi orang kidal



Apa untungnya menjadi kidal?
Salah satunya adalah bisa memproses berbagai rangsangan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tangan kanan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychology menunjukkan orang kidal lebih cepat merespons rangsangan. Kidal juga memiliki keuntungan dalam bidang-bidang tertentu seperti menjadi pilot jet tempur atau berbicara sambil mengemudi pada waktu yang bersamaan.
Di dalam otak terdapat dua bagian yang hampir identik dan sebagian besar memproses data yang masuk melalui salah satu jalur saraf besar. Tapi, tugas seperti pengolahan bahasa cenderung terjadi di salah satu bagian otak saja. Proses ini pada sebagian besar orang terjadi di belahan otak kiri, tapi untuk orang kidal kemungkinan terjadi di kedua belahan otak.
Seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (17/11/2009) biasanya data ditangkap oleh sisi bagian kanan tubuh (mata kanan dan telinga kanan) lalu pergi ke bagian kiri otak untuk diolah hingga akhirnya manusia bisa mengetahui apa yang dilihat dan didengarnya.
Peneliti dari Australian National University mengungkapkan orang yang menulis dengan tangan kiri kemungkinan memiliki otak yang kondusif dalam pengolahan informasi. Peneliti menggunakan tes yang dirancang untuk menguji kecepatan informasi antara kedua bagian otak.
Studi ini melibatkan 80 orang yang menggunakan tangan kanan dan 20 orang yang kidal. Dalam salah satu tes, komputer akan menunjukkan satu titik entah di kiri atau kanan dari garis pemisah dan partisipan harus menekan tombol yang menunjukkan dimana titik tersebut muncul.
Didapatkan partisipan kidal lebih cepat merespons keseluruhan tugas ini dibandingkan tangan kanan. Dalam tes lain pun tangan kiri lebih cepat mencocokkan huruf yang muncul pada kedua sisi dari garis, sedangkan tangan kanan hanya cepat mencocokkan huruf pada salah satu sisi saja.
“Hubungan antara otak kiri dan kanan lebih besar terhubung pada partisipan yang menggunakan tangan kiri (kidal),” ujar Ketua penelitian Dr Nick Cherbuin. Ini berarti orang yang kidal memiliki keuntungan dalam bidang olahraga, permainan atau kegiatan lain di mana mereka dihadapkan pada rangsangan secara serempak. Secara teori orang kidal lebih mudah menggunakan kedua belahan otak untuk mengelola rangsangan, sehingga lebih cepat dalam hal proses dan waktu responsnya.
Selain itu, ketika salah satu belahan otak sudah kelebihan beban dan mulai melambat maka belahan otak lainnya dapat lebih mudah mengisi kekosongan. Para ahli juga mengungkapkan orang kidal akan memiliki mental yang lebih baik saat memasuki usia tua di mana kemampuan otak sudah melambat.
Tiap2 orang mempunyai Kelemahan atau kelebihan yg berbeda antara otak kiri dan kanan. Sayangnya Otak kanan hanya digunakan sekitar 10%-30% saja.

otak kiri berhubungan dengan logika, analisa, bahasa, rangkaian (sequence) dan matematika. Artinya belahan otak kiri berespons terhadap masukan-masukan di mana dibutuhkan kemampuan mengupas/meninjau (critiquing), menyatakan (declaring), menganalisa, menjelaskan, berdiskusi dan memutuskan (judging).

Belahan otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi dan dimensi. Berarti belahan otak kanan berfungsi kalau manusia menggambar, menunjuk, memeragakan, bermain, berolahraga, bernyanyi, dan aktivitas motorik lainnya.

Di pembelajaran yg formal sayangnya latihan lebih banyak menggunakan belahan otak kiri. Jadi anda tinggal melatih sendiri dlm meningkatkan otak kanan. pembelajaran melalui pancaindera penglihatan lebih efisien dan bertahan lebih lama dalam ingatan dibandingkan dengan pendengaran”]
Berikut adalah daftar orang kidal terkenal:
FAKTA Lain tentang orang kidal
1. rata2 orang orang kidal menggambar benda2 hidup ato mati ke arah kanan…
2. anak kembar berpotwnsi tinggi untuk jd kidal tpi hnya salah satu dri mereka
3. orang bertangan kidal bisa melihat lebih jelas di dalam air

4. kidal lebih jago bermain anggar ,berenang,baseball
5. kidal lebih telat puber
6. 4 dari 5 desainer komputer macintosh adalah kidal
7. 25% dari astornot di dunia adalah kidal
8. sejak thun 92 setiap tanggal 13 agustus adalah hri anak kidal
9. kebanyakn gambar di gua purba di buat dgn tangan kiri



Orang kidal kira-kira hanya 9% dari populasi dunia. Pastinya, kita menganggap kalau orang kidal itu "uncommon" atau aneh. Tapi, hasil penelitian dari universitas di amerika membuktikan pada hakikatnya semua makhluk hidup itu kidal. Hal ini disebabkan karena dalam skala molekul, 20 asam amino yang menjadi substansi dasar dari kehidupan mempunyai "orientasi ke kiri". Dengan kata lain, semua makhluk hidup di planet ini seharusnya kidal, karena bergantung pada asam amino essensial yang berorientasi kidal. Karena faktor evolusi dan genetika jumlah makhluk hidup khususnya manusia yang kidal terus berkurang.

Dari: wikipedia :
In his book Right-Hand, Left-Hand,[31] Chris McManus of University College London argues that the proportion of left-handers is rising and left-handed people as a group have historically produced an above-average quota of high achievers. He says that left-handers' brains are structured differently in a way that widens their range of abilities, and the genes that determine left-handedness also govern development of the language centers of the brain.
McManus also says that the increase in the 20th century of people identifying as left-handed could produce a corresponding intellectual advance and a leap in the number of mathematical, sporting, or artistic geniuses.

*Intisarinya : Orang kidal memiliki otak yang lebih terstruktur, sehingga mempunyai kemampuan yang lebih dari orang biasa. Kemampuan disini bukan hanya kemampuan intelektual, tapi juga kemampuan estetika(seni), linguistik(sastra), kinestetik (olahraga) dan lain-lain


Fakta juga membuktikan, banyak orang kidal yang merubah dunia, contohnya :

SainsAlbert Einstein (siapa coba yang ga kenal makhluk ini), Issac Newton (DEWA fisika), Benjamin Franklin, Galileo Galilei

TeknologiBill Gates (Pemilik Microsoft n orang terkaya di dunia), Steve Jobs, Steve Wozniak, Henry Ford

Seni dan sastra
J.K. Rowling, Pablo Piccaso, Leonardo Da Vinci, Ludwig van Beethoven, Michaelangelo Buonarroti, Rembrandt van Rijn, Wolfgang Amadeus Mozart, Leonardo da Vinci, Ricky Martin, David Bowie, Charlie Chaplin, Kurt Cobain, Phil Collins, Bob Dylan, Eminem, Jimi Hendrix, George Michael, Osmonds,Johnny , otten, Paul Mcartney, Ringo Starr

Aktor2Woody Allen, Dan Aykroyd, Matthew Broderick, Pierce Brosnan, George Burns, Drew Carey, Robert , Matt Dillon, Laurence Fishburne, Morgan Freeman, Greta Garbo, Jim Henson, Hugh Jackman, Angelina Jolie, Nicole Kidman, Ray Liotta, Ryan O'Neal, Anthony Perkins, Dennis Quaid, Robert Redford, - Keanu Reeves, Kurt Russell, David Spade, Jodie Sweetin, Chris Tucker, Shannon Tweed, Mark Wahlberg and Oprah Winfrey

PolitisiMahatma Ghandi, George H.W. Bush, Bill Clinton, John Kerr, H. Ross Perot, Ronald Reagan, Julius Caesar, Hugo Chávez, Adolf Hitler, Napoleon Bonaparte, John F. Kennedy

Olahraga
Ryan Giggs (kapten MU ni.. haha), John Barnes, Diego Maradona, Roberto Carlos, Sebastian Janikowski, Donovan McNabb, Deion Sanders, Gale Sayers, Michael Vick, Steve Young,Daniel Carter,Jonah Lomu, Percy Montgomery, Jonny Wilkinson,Gary Kasparov, Greg Louganis, Mark Spitz, Sir Clive Woodward

dan masih banyak lagi, tapi gw cape nulisnya namanya aneh2 bener..
Bravo buat orang kidal, silahkan berbangga ria..

Kekidalan itu bukan kekurangan, tapi anugrah tuhan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar